Anggrek Ada Sejak Zaman Dinosaurus

CHICAGO,
Di antara pohon dan semak belukar yang sering digambarkan sebagai habitat Dinosaurus, bunga anggrek mungkin salah satu penghiasnya. Hal ini dibuktikan dengan penemuan serbuk sari anggrek di punggung seekor lebah pekerja yang terawetkan dalam getah pohon yang mengeras.

Fosil lebah dari spesies yang telah punah itu ditemukan seorang kolektor di Republik Dominika pada tahun 2000. Spesimen tersebut baru dibawa ke Museum Comparative Zoology di Harvard untuk diteliti pada tahun 2005.

Meskipun anggrek diketahui sebagai kelompok tumbuhan dengan jumlah anggota terbanyak di muka Bumi, bukti-bukti fosil yang menunjukkan awal mula kehadirannya jarang ditemukan. Ketiadaan fosil inilah yang menghasilkan asumsi bahwa anggrek pertama kali muncul antara 20 juta tahun lalu hingga 112 juta tahun lalu. Pastinya tidak diketahui.

“Anggrek tidak pernah ditemukan fosilnya sampai ini ditemukan,” ujar Santiago Ramirez, biolog dari Universitas Harvard yang melakukan anlisis terhadap setbuk sari anggrek purba tersebut. ia dan koleganya menggunakan isi serbuk sari untuk menentukan spesies anggrek yang menghasilkannya.

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa lebah yang membawanya berusia antara 15 juta hingga 20 juta tahun. Dengan metode jam molekul, mereka juga dapat memperkirakan umur kelompok anggrek yang menghasilkan angka sekitar 80 juta tahun. Artinya, anggrek telah hidup bersama dinosaurus yang baru punah 65 juta tahun lalu.

“Ini merupakan salah satu fosil yang pertama kali dapat Anda amati baik penyerbuk maupun tanamannya secara bersama-sama,” ujar Ramirez. Meski demikian, ia tidak memungkiri bahwa penemuan ini tidak mengehntikan perdebatan tentang umur tanaman anggrek di muka Bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: