Website untuk Kaum Ibu

Siapa bilang para ibu hanya cukup tahu soal dapur? Siapa bilang ibu yang berkarier di luar rumah tak harus tahu tentang psikologi dan pendidikan terbaik untuk buah hatinya?
Artikel menarik yang diambil dari salah satu komunitas ibu di internet ini bisa membawa para ibu ke dunia lain selain dunia dapur dan rumah tangga. Ternyata menjadi ibu sebuah kesempatan emas untuk berkarier. Tidak hanya karena para ibu ditempatkan sebagai pendamping suami, tapi juga karena mereka menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya.

Di zaman semakin canggih ini, internet menjadi salah satu alternatif bagi para ibu yang ingin belajar dan menuntut ilmu. Apalagi jika para ibu mendapat kemudahan akses internet, baik itu di rumah maupun di kantor. Inilah kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan. Kesempatan emas untuk mengembangkan diri, bahkan di luar kemampuan yang telah ibu miliki sekarang.
Ada banyak sumber belajar bagi para ibu. Tinggal pilih mana yang menjadi minat masing-masing. Berikut beberapa di antaranya:

1. Komunitas Para Ibu di Internet
Sudah pernah dengar atau membaca tentang We R Mommies atau WRM? Komunitas yang mendedikasikan diri bagi pendidikan dan perkembangan anak ini cukup eksis di dunia maya. Bahkan telah menelurkan sebuah e-book tentang cara mendidik anak berbakat. E-Book yang hasil penjualannya didekasikan untuk kegiatan amal tersebut, merupakan kerjasama beberapa anggotanya dari beberapa negara.

Dari website maupun milis WRM tersebut, para ibu akan bisa belajar mengenai bagaimana cara mendidik anak, berbagi tentang berbagai problem perkembangan anak, aktivitas yang mendukung perkembangan anak, dan bahkan pembicaraan mengenai bagaimana cara memilih serta menulis buku anak-anak. Untuk para ibu yang belum sempat menjadi anggota komunitas ini, bisa melongok websitenya di http://www.wrm-indonesia.org.

Ada juga website Kharisma di http://www.kharisma.de. Kharisma merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang didirikan oleh para muslimah asal Indonesia yang sedang dan pernah bermukim di Jerman. Di website-nya cukup banyak ditemukan berbagai artikel pendidikan anak serta pengembangan diri bagi para ibu. Bergabung di milisnya pun akan membawa banyak manfaat, karena seringkali terdapat berbagai tip mendidik anak maupun tip rumah tangga, yang belum sempat di-posting oleh adminnya di website.

Alamat lain yang patut dikunjungi dan bisa menjadi sarana belajar ada di http://salamaa.blogspot.com. Desain blog Salamaa yang tak kalah jika dibandingkan dengan website profesional tersebut, merupakan hasil karya para muslimah Indonesia di Belanda. Blog ini berisi tentang berbagai urusan pengelolaan rumah tangga dan pendidikan anak.

Dari urusan memasak, mendidik anak, dan bahkan merajut, semua ada di sini. Desain blog Salama yang eye-catching itu hasil karya seorang ibu juga. Yang membanggakan, ibu tersebut bukan berlatar belakang dunia komputer.

Lalu, silakan tengok juga website muslimah asal Indonesia di Jepang yang ada di http://www.fahima.org. Di website Fahima terdapat banyak sekali tips tentang rumah tangga, pendidikan anak, dan juga modul-modul untuk homeschooling. Fahima juga menyediakan sarana pengajian online dan kursus baca Al Quran secara online pula. Tampilan web-nya yang cerah dan menarik, akan membuat para ibu betah berlama-lama menikmati berbagai bacaan menarik dan berguna di dalamnya.

2. Komunitas Permasalahan dan Perkembangan Balita
Untuk para ibu ataupun calon ibu yang belum terlalu berpengalaman dengan berbagai permasalahan balita, silakan bergabung dengan milis-milis perkembangan balita yang saat ini banyak tersedia di internet.

Milis-milis yang membahas tentang permasalahan dan perkembangan balita tersebut berisi sharing antar para ibu, bahkan juga ayah yang tentu akan memperkaya pengetahuan ibu dalam hal menangani berbagai permasalahan balita. Dengan mengetahui dan mempelajari permasalahan balita, diharapkan para ibu tidak akan panik saat terjadi sesuatu dengan buah hatinya.

Milis yang cukup ramai dan direkomendasikan untuk dijadikan ajang berbagi permasalahan dan perkembangan balita di antaranya adalah: Balita Anda (http://www.balita-anda.indoglobal.com) dan milis sehat (http://www.sehatgroup.web.id). Khusus untuk milis sehat, di dalamnya bergabung pula beberapa dokter ahli. Para dokter tersebut siap menjadi narasumber terpercaya bagi permasalahan balita dan kesehatan yang Anda hadapi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: