Ciuman dan Aturan Aneh Dibalik Sejarahnya!

Kissing is passion and romance and what keeps Jelas maksudnya bukan ciuman di pipi, jidat, atau tangan, tetapi ciuman bibir yang sering dilihat dalam film-film.

Actually… what’s on behind the kiss?

– Tanda Sayang
Buat yang lagi punya pacar, ciuman umumnya dijadikan tanda sayang antara cewek dan cowok. Tapi karena faktor usia, maka bagi yang masih remaja seringkali hormonnya bekerja lebih ‘semangat’ dibandingkan otak. Jadi, apa yang awalnya Cuma ciuman biasa bisa berakhir dengan hal-hal yang lebih jauh. Makanya harus hati-hati.

– Kenapa Manusia Senang Berciuman?
Saat berciuman, otak melepaskan hormon oxytocin , vasopressin, dan neuropinephrine yang akan menimbulkan rasa tenang dan damai. Sama dengan perasaan seorang ibu saat menyusui anaknya. Ciuman bisa membantu mengusir stress karena saat berciuman kita merasa ada seseorang yang benar-benar peduli dengan diri kita. Nggak aneh kan? Bahkan ada lagu Strawberry Kiss Kiss yang dinyanyikan oleh sebuah band asal Jepang yang liriknya menggambarkan keinginan seseorang untuk dicium.

– Antibodi versus Kissing Disease
Berciuman menggunakan lidah (a.k.a french kiss) juga dapat menyebabkan pertukaran virus antara dua orang. Paling umum sariawan dan flu. Mungkin juga rabies, tapi ngapain juga ciuman sama orang rabies?

Tetapi, lewat ciuman juga bisa meningkatkan sistem antibodi dalam tubuh. Tapi jangan keburu senang dulu. Pertukaran virus ini dapat juga mengakibatkan penyakit mononucleosis yang sering disebut sebagai kissing disease. Disebabkan oleh virus Epstein-Barr yang menular lewat saliva (air liur) pada saat berciuman. Pada orang yang memiliki kekebalan tubuh tinggi, paling hanya menyebabkan demam.

Dan buat yang punya bawaan alergi, ciuman juga bisa berbahaya. Makanan yang kita makan masih ada pengaruhnya selama 6 jam di dalam mulut. Jika pacarmu alergi seafood sedangkan kamu baru saja makan kepiting, sebaiknya jangan berciuman dulu. Kasihan dia karena alerginya bisa kambuh.

Untuk menghindari hal itu, biasakan gosok gigi yang bersih, kumur-2 sehabis makan, dan rajin pakai mouth freshener (highly recommended!)

Kissing Trivia

Landak Kanada di musim kawin senang mencium pasangannya tepat di mulut. Hehehe, landak aja bisa romantis…
Menurut penelitian di Jerman, seseorang yang terbiasa mencium orang yang mereka sayangi (Ayah, Ibu, saudara, bahkan binatang peliharaan) sebelum berangkat beraktivitas, memiliki angka harapan hidup 5 tahun lebih lama dari mereka yang tidak melakukannya. Karena ciuman pagi hari bisa menimbulkan perasaan bahagia dan mengurangi stres yang memicu panyakit
Menurut sejarah, bentuk ciuman sederhana antar manusia yang pertama kali pernah dipublikasikan ada di India tahun 1500 SM. Ciuman ini dilakukan dengan cara menempelkan dan menggosokkan hidung satu sama lain. Mirip cara berciuman orang Eskimo, Polynesia, dan Malaysia.
Banyak peraturan aneh tentang ciuman di dunia. Di Italia abad pertengahan, ada larangan berciuman di depan umum, walaupun Cuma cium pipi. Jika ketahuan maka akan disuruh menikah saat itu juga dengan orang yang dicium atau yang mencium (wuih, enak banget… ) Sementara di Indiana, cowok berkumis dilarang keras mencium sama sekali (ngakak, sementara pikiran melayang ke seseorang). Di Cedar Rapids, Iowa, ada larangan untuk mencium orang asing yang tidak dikenal (iyalah, siapa tahu alien).
Jerman adalah satu-satunya negara yang punya 30 kata dalam tata bahasanya yang menerangkan tentang ciuman. Mereka bahkan punya istilah nachkuss untuk jenis ciuman yang belum pernah diberi nama sebelumnya, meski sebenarnya ciuman ini nggak beda dengan goodnight kiss.
Rekor ciuman terlama di dunia adalah 417 jam.
Tradisi kiss-bye saat akan berpisah ternyata telah dilakukan sejak tahun 3000 SM oleh bangsa Mesopotamia kuno. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda hormat kepada dewa-dewa mereka.
Tradisi lagi nih, para ksatria dari zaman abad pertengahan selalu mencium pipi kanan dan pipi kiri istri mereka setiap pulang dari perang atau bepergian jauh. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah istri mereka tidak berpesta atau mabuk mabukan selama ditinggal suaminya.
Masyarakat Romawi kuno mempopulerkan tradisi ciuman sebagai tanda penghargaan. Mereka selalu mencium mata, pipi, atau bibir setiap kali bertemu dengan kenalan dekat atau kerabat sebagai tanda keakraban. Mencium tangan atau cincin dilakukan kepada orang yang mereka hormati. Tradisi ini masih berlaku di Eropa, seperti orang Prancis yang mencium pipi kanan dan kiri sebanyak 2-4 kali setiap bertemu kenalan dekat.
Penghargaan tertinggi bagi rakyat Rusia adalah jika mendapatkan ciuman dari Tsar mereka. Di Afrika bagian tengah, rakyat akan merasa sangat beruntung jika dapat mencium tanah yang dilalui pemimpin mereka.
Di zaman Victoria, cowok harus mencium tangan cewek setiap kali mereka bertemu sebagai tanda hormat.
Ciuman yang penuh perasaan dapat membakar 20 kalori per menit. Tapi jangan dipakai untuk terapi diet ya.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: