Apa Dialek Cinta Kamu?

Dr. Gary Chapman, dalam program pernikahannya dan juga dalam bukunya The Five Love Languages, menunjuk bahwa setiap orang dalam suatu pernikahan memiliki satu cara favorit dalam memberi dan menerima cinta. Saya sangat setuju dengan hal ini. Pada kenyataannya, ada lima perilaku yang berbeda dimana orang terlibat dalam mengkomunikasikan cintanya : tindakan, keinginan untuk kebersamaan, ekspresi fisik, dukungan secara positif, dan tindakan memberi hadiah.

Gagasan “dialek cinta” didasarkan atas beberapa dalil :
1. Orang memberikan cinta seperti cara mereka ingin menerima cinta.
2. Pasangan kita jarang mempunyai cara yang sama dalam hal memberi dan menerima cinta.
3. Ketika pasangan kita mengekspresikan cinta seperti yang kita sukai – sesuai “dialek cinta” kita – kita merasa dikasihi atau dicintai.
4. Ketika pasangan mengekspresikan cinta pada kita dengan dialek cinta yang berbeda, usaha itu seringkali tidak kita perhatikan sebagai bentuk pernyataan cinta.

Secara sederhana, jika kamu tidak mengekspresikan cinta kamu dalam bentuk yang dimengerti oleh pasangan, dia (pasangan) akan cenderung gagal untuk menterjemahkan ekspresi yang kamu lakukan sebagai ungkapan cinta.

Mengetahui dialek cinta kamu akan membuat lebih mudah bagi kamu untuk mengkomunikasikan tipe tindakan yang bisa membuat kamu merasa dicintai. Dan mencari tahu dialek cinta pasangan kamu akan menolong kamu merencanakan jenis tindakan atau sesuatu yang membuat dia merasa dicintai. Ikuti test berikut ini yang bisa kamu ambil sebagai penjelasan tentang jenis dialek cinta yang kamu miliki. Hal ini memberikan dua tujuan : Pertama, ini akan menginformasikan pada kamu cara-cara yang kamu lebih sukai untuk memberikan atau menerima cinta. Kedua, ini akan memberikan pada pasangan kamu gagasan yang konkrit untuk membuat kamu merasa dicintai.

Instruksi

Ukur dan nilai setiap pernyataan berikut berdasarkan bagaimana kekuatan yang kamu rasakan sebagai cara kamu untuk memberikan dan menerima cinta. Cobalah untuk tidak membagikan atau membicarakan jawaban kamu dengan pasangan hingga kamu dan pasangan kamu menyelesaikan test ini. Pakailah skala nilai sebagai berikut :

”Nilai 1” jika pernyataan hampir tidak benar tentang cara kamu memberi dan menerima cinta
”Nilai 2” jika pernyataan kadang-kadang benar tentang kamu
”Nilai 3” jika pernyataan sering benar tentang kamu
”Nilai 4” jika pernyataan benar-benar mewakili bagaimana kamu memberi dan menerima cinta

Uji Dialek Cinta Kamu

____1. Saya merasa dicintai ketika kamu melakukan sesuatu yang saya minta
____2. Saya merasa dicintai ketika kamu terus mempertahankan kontak mata dengan saya ketika saya berbicara
____3. Saya suka ketika kamu meminta satu pelukan dari saya
____4. Ketika kamu memuji saya, saya merasa amat dicintai
____5. Saya suka ketika kamu memberikan saya hadiah
____6. Ketika kamu turun tangan untuk menolong saya melakukan sesuatu, saya benar-benar menghargainya.
____7. Saya perlu cukup waktu untuk dihabiskan berbicara dengan kamu setiap hari
____8. Saya harap kamu mau mencium saya lebih banyak lagi
____9. Saya memikirkan tentang pujian kamu lama setelah kamu memberikannya
____10. Ketika kamu mengejutkan saya dengan hadiah kecil, saya merasakan betapa kamu peduli
____11. Saya sering berkomentar pada orang lain tentang betapa banyaknya kamu menolong saya untuk menyelesaikan banyak hal
____12. Tidak menjadi masalah tentang apa yang kita lakukan, saya hanya menikmati kebersamaan denganmu
____13. Saya dapat mengikuti “kontes berciuman terlama” denganmu dan menikmati setiap menitnya
____14. Ketika kamu mengatakan hal baik tentang saya, itu bagaikan musik bagi telinga saya
____15. Apa yang saya cari didepan yang lebih dari apapun adalah memberi dan menerima hadiah-hadiah.
____16. Ketika saya ingin mengekspresikan cinta saya, pertama saya berpikir tentang apa yang mungkin bisa saya lakukan secara istimewa untuk kamu
____17. Saya pikir cara terbaik untuk mengucapkan cinta adalah melalui WAKTU
____18. Saya berharap kita dapat berpelukan dan bermesraan lebih sering
____19. Lebih dari apapun, saya pikir adalah penting untuk mengatakan “saya mencintai kamu” paling sedikit sekali dalam sehari
____20. Saya menghabiskan banyak waktu untuk mengemasi hadiah-hadiah. Setelah itu, hadiah terbaik adalah cara terbaik untuk mengatakan “saya mencintai kamu”
____21. Semakin banyak kamu melakukan sesuatu untuk saya, semakin saya merasa dicintai
____22. Lebih dari apapun, saya mencari lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama-sama
____23. Mengatakan padamu dengan sebenar-benarnya, cara untuk hati saya ialah melalui ekspresi fisik dari cinta
____24. Saya benar-benar menyukai menulis dan menerima surat cinta
____25. Jika saya kaya, saya mungkin membelikan kamu hadiah setiap hari
____26. Saya terus menerus mencari cara untuk untuk melakukan sesuatu untuk kamu. Itulah cara bagaimana saya mengekspresikan cinta terbaik saya
____27. Kamu bisa katakan betapa kamu mencintai saya dengan cara berapa banyak waktu yang saya habiskan melakukan sesuatu dengan kamu
____28. Jika kamu ingin menunjukkan pada saya betapa kamu mencintai saya, maka kamu harus menyayangi saya dengan amat luar biasa
____29. Kamu dapat mengharapkan saya untuk memberikan kamu banyak pujian dan penghargaan
____30. Kapanpun saya merasa benar-benar mencintai, saya mulai mencari hadiah untuk saya berikan pada kamu.

Lembar Penilaian Dialek Cinta

Sekarang kembali dan tambahkan nilai 3 pada pernyataan yang kamu rasa paling akurat menggambarkan cara kamu memberi dan menerima cinta. Kemudian pindahkan jawaban kamu pada lembar koresponden kosong pada halaman berikutnya. Kamu akan menemukan semua ini akan menjadi tugas yang mudah jika kamu meloncati baris yang kosong dibanding mengurutkannya kebawah. Yakinlah untuk menambahkan petunjuk pada pernyataan yang kamu rasa paling kuat menggambarkan cara kamu memberi dan menerima cinta.

Setelah kamu memindahkan jawaban, tambahkan nilai kolom dari atas ke bawah dan jumlahkan totalnya di bagian bawah. Sakor tertinggi akan merepresentasikan cara yang paling kamu sukai untuk memberi dan menerima cinta.

Tindakan
1.
6.
11.
16.
21.
26.
Total skor :

Mengutamakan Kebersamaan
2.
7.
12.
17.
22.
27.
Total skor :

Ekspresi Secara Fisik
3.
8.
13.
18.
23.
28.
Total skor :

Dukungan Positif
4.
9.
14.
19.
24.
29.
Total skor :

Memberi Hadiah
5.
10.
15.
20.
25.
30.

Total skor :

Bicarakan Dialek Cinta Pada Pasangan

Kejutkan pasangan kamu paling tidak sekali seminggu untuk bulan berikutnya dengan sejumlah ekpresi cinta yang sesuai dengan diales cintanya. Buatlah itu menjadi sesuatu yang spesial Namur mungkin untuk dilakukan. Juga ingatlah untuk mengekspresikan penghargaan ketika pasangan kamu mengekspresikan cintanya pada kamu dengan dialek cinta kamu.

Sumber

Tinggalkan Balasan

